Mengatasi nyeri Pinggang

Nyeri Pinggang – Sakit Pinggang / Low Back Pain

Nyeri pinggang merupakan penyakit neurologis yang sering terjadi di samping sakit kepala. Bisa dipastikan hampir semua orang pernah mengalami yang namanya nyeri pinggang. Nyeri pinggang bisa sembuh hanya dalam hitungan hari, ini disebut nyeri pinggang akut. Sementara itu, ada juga nyeri pinggang kronis yang terjadi lebih dari 3 bulan. Nyeri pinggang sendiri merupakan gejala, maka dari itu penting untuk mencari faktor penyebab utama nyeri pinggang tersebut agar mendapatkan penanganan yang tepat.
Tekanan yang terjadi pada susunan syaraf tepi di bagian pinggang merupakan penyebab awal nyeri pinggang. Hal ini bisa terjadi karena syaraf itu sendiri atau bisa juga karena gangguan otot, kelainan tulang belakang dan kelainan pada bagian lainnya seperti infeksi dan batu ginjal. Penyebab nyeri pinggang sendiri yang paling terutama adalah karena ketegangan otot. Hal ini bisa terjadi karena gerakan pinggang terlalu mendadak, misalnya memukul bola, mengangkat koper, atau mengangkat benda berat lainnya dengan cara yang salah. Sementara itu, penyebab lainnya juga bisa karena trauma punggung bawah seperti sciatica dan artritis. Berikut 4 kategori penyebab nyeri pinggang :
  1. Nyeri punggung akibat sikap yang salah.
    Seperti yang telah disebutkan, gerakan mendadak dan melampaui batas kemampuan sendi dan otot dapat menyebabkan nyeri pinggang.
  2. Kelainan tulang belakang
    Kelainan tulang belakang seperti cedera, tumor seperti tumor sumsum tulang belakang, infeksi dan osteoporosis (keropos tulang) turut mengakibatkan nyeri pinggang.
  3. Refered pain seperti batu ginjal, radang ginjal, radang lambung dan penyakit kandungan.
  4. Faktor psikis seperti tekanan mental yang mengakibatkan tulang belakang terasa kaku dan mengencang serta nyeri.

Pengobatan Nyeri Pinggang

Ketika Anda merasakan nyeri pinggang maka Anda jangan terlalu khawatir karena ini akan semakin menambah ketegangan otot. Silakan coba tips berikut ini agar bisa mengobati nyeri pinggang yang Anda alami:
  1. Mengubah posisi duduk, berdiri atau membungkuk secara berkala apabila Anda harus melakukannya dalam waktu yang lama. Setelah itu, Anda bisa bangun dan membungkukkan badang ke depan dan belakang.
  2. Kompres bagian yang nyeri selama 15 menit dengan handuk atau botol, satu atau dua kali seminggu. Jika kompres panas malah menambah rasa nyeri pinggang maka Anda bisa melakukan kompres dingin.
  3. Memijat bagian nyeri pinggang secara perlahan dan mengoleskan balsep atau salep anti-radang.
  4. Minum obat pereda rasa sakit seperti parasetamol dan aspirin sesuai dosis jika perlu.
  5. Jika nyeri pinggang makin parah bahkan hingga ke kaki atau tidak bisa bangun setelah membungkuk maka Anda harus segera ke dokter.

Pencegahan Nyeri Pinggang

Berikut beberapa langkah pencegahan nyeri pinggang yang bisa Anda lakukan:
  1. Lakukan peregangan sebelum melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berat lainnya.
  2. Jangan membungkuk ketika duduk atau berdiri. Maka dari itu, punya kursi dengan sandaran yang baik sangat dianjurkan ketika Anda memang harus duduk dalam waktu yang lama.
  3. Lakukan selingan dengan berjalan-jalan atau peregangan otot ringan ketika harus duduk dalam waktu yang lama.
  4. Untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang maka Anda bisa tidur miring. Selain itu, sebaiknya tidur di atas tempat tidur yang memiliki permukaan cukup padat daripada terlalu empuk.
  5. Sebaiknya tidak mengangkat benda berat dengan membungkuk. Namun, lebih baik berjongkok. Kemudian, lebih baik mendorong daripada menarik.
  6. Jaga agar berat badan tidak berlebih.
  7. Olahraga secara teratur.
  8. Lebih baik memakai sepatu bertumit rendah.
Mengalami Nyeri Pinggang /  Sakit Pinggang ?
Sakit pinggang bukan untuk dibiarkan tapi harus diobati ini bisa pertanda rematik atau asam urat. Jika ingin lebih jelas tentang penyakit Anda silahkan konsultasikan pada kami.

Tebu Wulung 
 
obat asam urat  
Harga Rp 50.000,- 
Kontak : 087736710838
  
Khasiat dan keguanaan:
Dapat mengobati asam urat, encok, sakit pinggang, reumatik, pegal-pegal, otot terasa kaku, kaki bengkak, kesemutan dan susah tidur

 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Mengatasi nyeri Pinggang. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://gudangherbal-ku.blogspot.com/2012/12/mengatasi-nyeri-pinggang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: raji - Senin, 03 Desember 2012

1 Komentar untuk "Mengatasi nyeri Pinggang"